Sobat Pena Universitas Kuningan

Latihan Kepemimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan

Latihan Kepemimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan
Latihan Kepemimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan  - Sebagai salah satu Organisasi Mahasiswa di Universitas Kuningan, BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan (FKIP) sudah seyogyanyalah dalam suatu organisasi haruslah mempunyai suatu metode penerimaan sekaligus pengkaderan bagi calon anggota baru. Entah apapun sebutannya, Latihan Kepemimpinan Mahasiswa adalah sebuah ajang pendidikan dan pembekalan bagi calon anggota yang ingin bergabung. Pembekalan bertujuan agar kelak naniti calon anggota yang bergabung ke dalam organisasi tersebut tidaklah buta sama sekali tentang organisasi.

Biasanya Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) itu memang sepenuhnya diisi dengan materi yang semuanya berisi tentang seluk beluk internal organisasi, etika berorganisasi, dan metode-metode yang dilakukan organisasi dalam segala aspek. Dari mulai materi tentang struktur organisasi, pengelolaan keuangan, simulasi pembuatan proposal, sampai manajemen persidangan. Namun tidak semuanya diisi oleh materi yang berkenaan tentang teknis saja, didalam LKM juga banyak disisipkan nilai-nilai etika, ilmu dasar, dan motivasi, seperti misalnya materi tentang kepemimpinan, games tentang kerjasama, pembangunan karakter, kejujuran, manajemen konflik, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, LKM pun tidak hanya berfungsi sebagai suatu ajang pembekalan ilmu semata, tetapi juga berfungsi sebagai tempat untuk penanaman jiwa organisasi, perubahan mindset khalayak umum tentang Organisasi yang sebenarnya. Kadang kalanya orang beranggapan bahwa suatu organisasi sebagai tempat kumpul-kumpul, dsb. Dan juga membangun kecintaan terhadap Organisasi yang akan mereka tempati ini, yaitu HIMA PE, PBSID, P Biologi, P Bahasa Inggris P PGSD dan HIMA P Matematika dan juga BEM FKIP.

Namun aga sedikit berbeda untuk kali ini dimana Ketua BEM FKIP UNIKU ingin mengusung metode yang berbeda untuk memberikan pembekalan baik materi maupun jiwa organisasi kepada calon anggota, dan juga ingin memberikan kesan pertama yang tidak hanya menyenangkan, tapi akan menjadi suatu memory yang nantinya akan membuat peserta selalu teringat akan momen dimana mereka mulai menginjakkan kakinya di dunia organisasi.

Kali ini, dengan lebih memprioritaskan Kualitas daripada Kuantitas, BEM FKIP UNIKU mengkonsentrasikan segala macam persiapan tidak hanya pada materi teknis, tetapi juga pada kualitas pola fikir untuk pengkaderan yang dimana pada kesempatan kali ini BEM FKIP telah mempersiapkan pembekalan tersebut dengan menyuguhkan seminar dialog interaktif tentang ilmu organisasi dan kepemimpinan dengan nara sumber Rektor Universitas Kuningan (Dr. Iskandar, M.M) dan dari KADISDIKPORA Kuningan yang kali ini di wakili Oleh Dr. Uhar Suharsaputra, M.Pd. dengan penuh hidmat para peserta LKM BEM FKIP ber dialog inter aktif dengan pemateri…di harapkan dengan adanya LKM ini di harapkan bisa menelorkan kader-kader pemimpin yang tangguh….(syah).
Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button

Bagikan ke

Sobat Pena Universitas Kuningan

0 Response

© 2014 Sobat Pena Universitas Kuningan - All Rights Reserved
Back to Top